-->

AgriPest

Jasa Anti Rayap
Rayap Hodotermes

Setelah menjelaskan tentang PERILAKU RAYAP, kali ini Jasa Anti Rayap AgriPest akan menjelaskan tentang Ekologi Rayap. Siapkan rokok, kopi, dan cemilan terlebih dahulu supaya lebih enak membaca tentang Ekologi Rayap Versi Jasa Anti Rayap AgriPest

Rayap memiliki habitat yang unik dalam suatu ekosistem. Keberadaan koloni rayap berperan penting dalam siklus biogeochemical (dekomposer bahan organik) seperti siklus nitrogen, karbon, sulfur, oksigen, dan fosfor. Mudahnya rayap beradaptasi dengan lingkungannya mengakibatkan rayap bisa ditemui dihampir semua bentuk ekosistem. 

Ada beberapa Faktor yang mempengaruhi hal ini :

Faktor Lingkungan Populasi Rayap

Aktivitas, distribusi, dan pertumbuhan populasi rayap secara umum dipengaruhi oleh suhu, kelembaban, dan curah hujan. Perubahan terhadap faktor tersebut akan berimbas ke perubahan perilaku rayap. Hal ini akan dibahas secara khusus oleh Jasa Anti Rayap AgriPest di Faktor Lingkungan Populasi Rayap.

Tipe Tanah Tempat Tinggal Rayap

Koloni rayap lebih suka tinggal di tanah yang liat daripada berpasir yang sedikit mengandung bahan organik. Namun, ada jenis rayap seperti Amitermes dan Psammotermes yang mampu hidup di daerah gurun pasir. Di daerah berpasir, rayap mampu meningkatkan infiltrasi air dan mengembalikannya ke bagian atas tanah.

Tanah sangat berperan penting sebagai tempat hidup dan untuk mengisolasi rayap dari perubahan suhu dan kelembaban yang cukup ekstrim. Keberadaan rayap dalam tanah bisa meningkatkan kesuburan tanah karena rayanp mampu mengubah profil tanah, mempengaruhi tekstur tanah, dan mendistribusikan bahan organik.

Tipe Vegetasi Rayap

Aktivitas rayap dapat mengubah keadaan vegetasi melalui modifikasi profil dan sifat kimia tanah. Contohnya, di sekitar sarang rayap Macrotermes banyak mengandung silika sehingga hanya jenis tumbuhan tertentu yang dapat tumbuh di sekitar sarang rayap tersebut. Kejadian ini mirip dengan peristiwa allelopaty. Allelopaty adalah pengeluaran zat kimia tertentu yang mampu menghambat pertumbuhan jenis tanaman lain di sekitar tanaman utama. Contohnya, serasah daun pinus yang mengandung silika ternyata mampu menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitar serasah daun pinus. Tumbuhan lain yang memiliki sifat allelopaty adalah alang-alang (Imperata cylindrica).

Di daerah gurun Afrika Selatan, rayap Hodotermes berperan dalam proses siklus nutrisi tanah. Aktivitas rayap membawa air ke daerah yang ditumbuhi tanaman sangat menguntungkan karena ketersediaan air bagi tanaman menjadi lebih banyak. Koloni Macrotermes yang besar di habitat savana sangat mampu membentuk kondisi permukaan yang berbeda dan akhirnya berpengaruh terhadap vegetasi yang ada. Dengan demikian, keberadaan koloni rayap disuatu habitat mampu mempengaruhi bentuk vegitasi yang tumbuh dan berkembang di sekitar koloni rayap itu. 

Musuh Alami Rayap

Ada tiga kelompok yang menjadi musuh alami rayap, yaitu predator, parasit, dan patogen. Dalam kesempatan lain, Jasa Anti Rayap AgriPest akan jelaskan tentang Musuh Alami Rayap.

Demikian penjelasan tentang Ekologi Rayap Versi Jasa Anti Rayap AgriPest. Jika Anda membutuhkan jasa pengendalian rayap, silahkan hubungi AgriPest di 0813 8278 7972 yang memang ahlinya dibidang Jasa Anti Rayap.


Categories:

Leave a Reply

AgriPest - Jasa Pest Control - Jasa Fogging - Jasa Anti Rayap - Jasa Pengendalian Hama - Jasa Termite Control : "ANDA SOPAN KAMI SEGAN... "

AgriPest Di Facebook

Anti Rayap Ampuh SEO Stats powered by MyPagerank.Net